|
Sinopsis Buku: Modeling. Sebuah tahapan yang seringkali �diremehkan� oleh mereka yang relatif baru mempelajari dan terjun ke dunia desain 3D. Padahal sebagai tahapan yang paling awal, modeling memegang peranan yang sangat penting dalam proses desain 3D. Sebab, bagaimana mungkin membuat suatu visualisasi jika objeknya saja tidak ada.
Tanpa mengecilkan peranan tahapan lainnya, tutorial dalam buku ini lebih mengutamakan bagaimana membuat sebuah model 3D menggunakan Editable Poly sebagai objek dasar. Dengan berbagai cara dan kreativitas objek dasar tersebut, kemudian dimanipulasi dan dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk sebuah model 3D yang utuh, dalam kasus ini adalah Ferrari F430. Setelah model 3D tersebut dianggap selesai dan cukup baik untuk divisualisasikan, barulah materi beranjak ke tahap material dan rendering. Penekanan pada materi Modeling dapat dilihat dari jumlah bab yang memaparkan proses modeling itu sendiri (11 bab dari total 14 bab). Khusus untuk rendering buku ini mengulas dua metode, yaitu Scanline Rendering dan V-Ray Rendering. Scanline Rendering merupakan bawaan standar dari 3D Studio MAX. Sedangkan V-Ray merupakan plug-in untuk keperluan visualisasi yang paling populer saat ini. Resensi Buku:
Buku Sejenis Lainnya:
![]() Advertisement |